Beredar, Foto Luhut-Setnov di Dalam Jet Mewah

357

Saat ini beredar di media sosial seperti Facebook, Twiter, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan bersama dengan Ketua DPR Setya Novanto (setnov) di sebuah jet yang cukup mewah.

Foto itu bisa menggambarkan keakraban keduanya. Padahal secara politik, kelihatan berseberangan. Luhut masuk pemerintahan, sedangkan Setya Novanto bagian dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang tugasnya mengkritisi pemerintah.

Namun di balik itu semua, nampaknya ada tujuan bersama antara Luhut dan Setnov terutama dalam bidang bisnis maupun pembagian saham PT Freeport.

Dalam transkrip pembicaraan antara Setnov, pengusaha minyak Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsuddin, nama Luhut disebut-sebut.

Namun anehnya, Luhut tidak melakukan penuntutan terhadap Setnov. Justru Luhut menyalahkan Menteri Sudirman Said yang dianggap belum melaporkan ke Presiden Jokowi sebelum ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD).

Keterangan Luhut langsung dibantah Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bahwa Sudirman Said sudah melapor ke Presiden Jokowi sebelum ke MKD.

Justru ada yang cukup aneh lagi, walaupun sudah mendapat dukungan dari JK, Sudirman mengakui melaporkan Setnov ke MKD atas inisiatif sendiri.

Dari kasus ini terlihat peran yang cukup kuat Luhut sehingga bisa menekan Sudirman Said.

Di kalangan parlemen, Wakil Ketua DPR Fadli Zon membela Setnov dan menilai laporan Sudirman Said bentuk intervensi eksekutif ke legislatif.

“Masa pemerintah mengadu ke MKD. Ini kan dua lembaga yang berbeda,” kata Fadli Zon.

Sumber : TEMPO

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY